THOUGHT&BOOK

Mood Board Ketika Menulis


Minggu ini lagi-lagi saya belum menyelesaikan deadline tulisan, walaupun masih punya waktu setidaknya satu minggu, tapi dengan kesibukan yang lumayan menyita waktu, rasanya ini menjadi cukup berat. Belum lagi ketika mood sedang gak menentu, mentok aja gitu gak bisa berimajinasi cerita apapun. 

Seperti hari ini, saya hanya browsing mencoba mencari ide dan mood. Beruntung saya membaca satu artikel di Living Loving, yang membahas tentang bagaimana menyamakan persepsi dalam suatu tim kreatif ketika mengerjakan project. Lalu saya mengadaptasi sistem kerja tersebut kedalam dunia kepenulisan. Dari beberapa ulasan, saya menemukan aplikasi gratis untuk Android, yaitu Canva. Lumayan untuk design para pemula. 

Dalam ujicoba saya, mood board menjadi cukup penting ketika mengerjakan suatu project kepenulisan. Dengan design-design yang membangkitkan semangat, visualisasi dari gambar dan warna yang kita pilih sendiri, kemudian kita susun sendiri, akan membuat ide-ide kreatif lainnya bermunculan. Menulis menjadi terasa lebih menyenangkan. Semacam stimulan begitu.  
Di dunia design, mood board menjadi panduan kreativitas, perencanaan yang tertuang dalam media gambar dan beberapa item-item yang merujuk pada proses yang akan dikerjakan dan hasil yang harus dicapai. 

Jika dalam dunia #writing, ini barangkali bisa kita sandingkan dengan kerangka tulisan. Dimana plot-plot yang sudah kita buat lebih mudah untuk diuraikan. Namun, saya membuatnya berbeda, saya membuat mood board dengan kolase beberapa gambar yang menarik tentang buku dan aktivitas menulis. Jadi, cukup menarik perhatian saya untuk selalu memulai kembali membuka buku dan menulis. 

Jadi mood board saya lebih mirip pengarah life style sih. Mood itu muncul melalui gambar-gambar yang saya suka dan inspiratif, mungkin juga karena juga mencintai potografi. Tentunya ini dapat diterapkan dalam berbagai hal, dimana kita hendak membangkitkan kembali mood. Tanpa menggeser fungsi mood board sesungguhnya, hanya saja menurut saya memperluas manfaatnya.

Selamat Mencoba :)


*)Source Image: kreativitas sendiri dengan aplikasi CANVA dan tema-temanya.






No comments:

Post a Comment