THOUGHT&BOOK

Make a Plan Your Dream Map (Tips Meraih Mimpi-mimpimu)


Ada hal yang menarik saya untuk menulis ini, beberapa waktu lalu saya menonton channel youtube Maudy Ayunda yang ngomongin tentang motivasi mimpi. Lalu saya menarik satu garis lurus, bahwa satu mimpi besar dapat kita rumuskan and let the dream come true. Yaitu, gimana sih membuat 'sticky note' tentang dream map dalam rencana hidup kita, seringkali kita bermimpi terlalu tinggi, terlalu besar. Sehingga kita kebingungan harus memulainya dari mana dan bagaimana make your achievement obtainable.

"There's no such as thing as too high, as long as you can foresee it. One of the things that i do is actually to lay out a plan." -Maudy Ayunda


Analoginya begini, sebuah impian sederhana tentang suatu rencana pendakian puncak tertinggi Indonesia, kita tidak bisa hanya membayangkan 'nanti kalau udah di puncak, perlu up date vlog nih' tapi yang paling penting kita ketahui di awal adalah 'bagaimana itu terjadi?' Ya udah sih, tinggal ke sana ini. Bagi yang rumahnya semeter dari puncak Cartenz sih barangkali iya, tinggal jalan doang apalagi sekalian nge-guide. Tapi kan gak bisa gitu juga. Nah, di sinilah kita membutuhkan action steps yang membuat rencana pendakian itu tampak lebih nyata di depan mata. Impian sederhana bukan berarti memiliki resiko yang sederhana juga ya, tidak ada effort yang berarti misalnya. Bisa jadi ini adalah impian yang besar jika kita lihat lagi tujuannya kemana? (apalagi buat saya). Break it down impian pendakian tersebut dengan fokus dan rencana yang jitu, biasanya yang terbaik ketika dalam suatu pencapaian besar kita harus memiliki beberapa set up yang lebih concrete. Dan untuk memotivasi tujuan tadi, break it down harus ditandai dengan milestones sebagai titik pencapaian sekian dari yang kesekian. Dimana action steps lebih mudah dijalani. Dari misal mengurus sponsorship, perijinan, kesiapan fisik dan mental, juga hal-hal lainnya.

"Focus on making your milestones and action steps specific, measurable and obtainable. Things can you cross off and say 'done!" -Jessica Raymond MS


Make a plan your dream map, dalam hal ini analogi tadi terlalu kecil. Kita perlu mencapai batas optimal untuk mimpi terbesar dan penyelesaiannya, Break them down into milestones, dalam beberapa mimpi yang kita bagi lebih kecil mungkin akan jauh lebih mudah mendekati impossible dream in the life. 

GOAL - MILESTONE - ACTION STEP

Satu hal penting yang harus kita pahami adalah, hidup selalu memiliki berbagai impian dan target-target pencapaian. Wajar saja, karena hal itu diperlukan untuk mem-push kemampuan diri agar terus melakukan sesuatu dalam hidup. Akan tetapi, jika dalam satu waktu digunakan untuk menyelesaikan lebih dari satu mimpi,  justru akan mengganggu fokus utama dan energi banyak terbuang.

"Anything i cannot transform into something marevlous, i let go."-Anais Nin

Dan ketika mimpi masih saja terasa jauh, barangkali kita perlu kembali berpikir dan meng-evaluasi sejauh mana yang sudah kita lakukan dan apa yang benar-benar menjadi most importantly di dalamnya. Karena ada mimpi-mimpi yang sebetulnya bisa kita replace, misal saja; impian sebenarnya bukan pada suatu tujuan yang selama ini dikejar, namun justru pada satu proses perjalanan menuju kesana. Dimana hal tersebut mungkin saja sudah dilalui dengan berhasil bahkan berulang. Jadi, sejauh itu bisa saja pencapaian yang sesungguhnya telah diraih.

Sama halnya dengan semua mimpi-mimpi yang ingin digapai, yang mana dibutuhkan beberapa pencapaian pendukung sebagai penanda atau milestone. Dan ketika kita sedang mencoba membangun pecahan-pecahan mimpi dengan action steps, yang justru kemudian mengantarkan kita pada mimpi-mimpi lainnya. So, you can achieve in a different way.

"Don't stop dream big, find way to make it." -Rinda

***


*)Source Image & Information: The Red Fairy Project, Heather Buchman, Virtual Elves, https://shop.recoverywarriors.com.

No comments:

Post a Comment