THOUGHT&BOOK

Unsur-unsur Penting dalam Tulisan Fiksi



Pada akhirnya saya berhenti dulu untuk menulis ulang semua draf awal cerita pendek saya tempo hari, tantangan 5 cerita pendek. Saya memutuskan untuk mempelajari beberapa teori menulis fiksi dari penulis-penulis yang karya-karyanya sudah mumpuni.

Salah satu tulisan yang menginspirasi saya untuk mengoreksi kembali adalah, tulisan Sitta Karina, yaitu mengenai unsur-unsur dalam fiksi yang sudah seharusnya ada sehingga membentuk rangkaian cerita yang komplit dan dapat disebut sebagai tulisan fiksi.

1. Tema

Dari awal rencana penulisan hal ini adalah yang utama untuk kita tentukan, apa saja yang terdapat disini? yang terpenting adalah pesan yang ingin kita sampaikan, apa yang menjadi dasar pemikiran si penulis atau disebut juga premis.

2. Plot

Penting sebetulnya membuat kerangka karangan yang menjelaskan plot cerita, dimana biasanya plot dibagi kedalam tiga bagian yaitu awal-tengah-akhir. Hal ini berfungsi salah satunya adalah untuk mengembangkan cerita, sebagai stimulus ide-ide baru, dan dalam keadaan tertentu dapat juga digunakan sebagai cara mengatasi writer block.

3. Penokohan

Bagaimana si penulis menentukan tokoh-tokoh dalam cerita, karakter dan latar belakang terbentuknya atau perkembangan awal karakter si tokoh.

4. Latar/Setting

Unsur ini adalah hal yang mampu menjelaskan bagaimana isi cerita atau bisa dikatakan jiwa sebuah cerita. Keadaan yang menjelaskan tentang waktu dan tempat pada keseluruhan cerita.

5. Konflik

Bagian terpenting lainnya adalah membangun konflik, dimana dari sini akan terbentuk jalan pikiran si tokoh dan menggerakan para tokoh sehingga cerita akan terus bergulir secara dinamis. 

6. Sudut Pandang

Bagian ini adalah penggiring pemahaman pembaca yang sangat berpengaruh terhadap alur cerita. Ada 5 sudut pandang atau point of view yang lazim digunakan yaitu; sudut pandang orang pertama, sudut pandang orang pertama sebagai tambahan, sudut pandang orang ketiga yang serba tahu, sudut pandang orang ketiga sebagai pengamat, dan sudut pandang campuran (next akan saya bahas).

Dan, keenam unsur diatas ingin saya terapkan dalam tantangan 5 cerita pendek saya, namun sampai tulisan ini kelar pun, saya masih bingung dan linglung pada alur cerita. 



*)Source image: Medium.com


No comments:

Post a comment